Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 08:00 WIB

Menteri Kelautan Tinjau Pendangkalan Sungai Cipatuguran, Wabup Sukabumi: Salah Satu Faktornya Sampah

Menteri Kelautan Tinjau Pendangkalan Sungai Cipatuguran, Wabup Sukabumi: Salah Satu Faktornya Sampah

Jumat, 14 April 2023
/ Pukul: 18:59 WIB
Jumat, 14 April 2023
Pukul 18:59 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, mendampingi  Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, dalam kunjungan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP), Palabuhanratu, Jumat (14/4/2023). Kehadiran Menteri Sakti di lokasinitu adalah untuk meninjau Sungai Cipatuguran.

Iyios Somantri mengapresiasi kunker Menteri Kelautan di Kabupaten Sukabumi. Dalam kunjungannya, Menteri Sakti juga menerima keluhan terhadap pemerintah pusat dari para nelayan secara langsung.

“Menurut saya ini sangat luar biasa, karena Pak Menteri Kelautan begitu respon dengan kondisi pendangkalan di kawasan PPNP” Terang Wabup usai melakukan peninjauan.

Wabup menjelaskan, terjadinya pendangkalan Dermaga Palabuhanratu dan Sungai Cipatuguran itu disebabkan oleh beberapa faktor. Satu diantaranya adalah karena faktor sampah.

Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada masyarakat agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Pengerukan Sungai Cipatuguran adalah kewenangan pemerintah provinsi, maka dari itu kita akan dorong kepada PUPR Provinsi untuk segera ditindaklanjuti,” tegasnya.

Wabup berharap, Kementerian Kelautan dan Perikanan segera menindaklanjuti hasil kajian di PPNP Palabuhanratu terutama dalam perumusan masalah pendangkalan. Hal tersebut sangat berdampak terhadap perekonomian para nelayan di Kabupaten Sukabumi.

“Kalau balong ini tidak dangkal maka jangkauan nelayan akan lebih luas. Sehingga bisa mempermudah akses mata pencaharian para nelayan” Bebernya

Pada kesempatan tersebut, Menteri Kelautan didampingi Wabup melakukan peninjauan di seputar lokasi pendangkalan

Hadir pada acara tersebut, Dinas Perikanan, Forkopimcam, Kapolres, Dandim 0622, serta tamu undangan lainnya. (*)

Related Posts

Add New Playlist