Rabu,21 Februari 2024
Pukul: 15:31 WIB

Lima Rusak, Puluhan Rumah Terancam Pergerakan Tanah di Curugkembar Sukabumi

Lima Rusak, Puluhan Rumah Terancam Pergerakan Tanah di Curugkembar Sukabumi

Rabu, 6 Desember 2023
/ Pukul: 19:22 WIB
Rabu, 6 Desember 2023
Pukul 19:22 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Ratusan rumah di Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi terancam bencana pergerakan tanah. Informasi terkini, sebanyak lima rumah terdampak dan mengalami rusak sedang.

Dikutip dari Laporan Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Benca (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, sebanyak 13 jiwa dari lima rumah terdampak berada di Kampung Tanjungsari RT 01 RW 04, Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar.

Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, mengatakan pergerakan tanah terjadi saat hujan deras wilayah sekitar. Sejumlah saksi mendengar suara retakan di bawah rumah warga.

Baca Juga  Kodim 0622 Kab Sukabumi Bantu Evakuasi Korban Pergerakan Tanah di Pasir Suren

“Hujan deras tiba-tiba terdengar suara retakan di bawah rumah warga terus warga melapor ke pk RT dan RW,” kata Sandra dalam keterangannya, Rabu (06/12/2023).

Berdasarkan hasil peninjauan petugas, pergerakan tanah berdampak terhadap irigasi di wilayah Cibeber. Saluran irigasi itu tidak bisa dilewati air karena alirannya terbawa retakan masuk ke dalam tanah.

“Sementara saluran air tersebut dibutuhkan warga dua desa yakni Desa Tanjungsari, dan Desa Mekartanjung untuk pengairan sawah dan rumah-rumah warga,” kata dia.

“Yang terancam 37 rumah, 135jiwa,” tambahnya.

Atas peristiwa ini, petugas penanggulangan bencana sudah berkoordinasi dengan perangkat desa dan kecamatan serta Babinsa, Bhabin kamtibmas, POLPP, Kecamatan Assessment ke lokasi kejadian.

Baca Juga  Sudah 4 Tahun, 9 Warga Terpaksa Tinggal di Rumah Miring di 'Kampung Mati' Nyalindung Sukabumi

“Kami memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada,” katanya.

“Irigasi di Cibeber mohon segera pembangunan secepatnya,” tukasnya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

 

Related Posts

Add New Playlist

Contact Person:
+62856-9788-7574 (HP/WA)