Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 11:45 WIB

Dibuka Wabup Iyos, Porsenida MAN 3 Sukabumi Diikuti 67 Sekolah Tingkat SLTP

Dibuka Wabup Iyos, Porsenida MAN 3 Sukabumi Diikuti 67 Sekolah Tingkat SLTP

Kamis, 23 Februari 2023
/ Pukul: 14:49 WIB
Kamis, 23 Februari 2023
Pukul 14:49 WIB
Foto: Dok Pemkab Sukabumi
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Sebanyak 67 sekolah tingkat SLTP mengikuti Pekan Olahraga Seni, Pendidikan dan Agama (Porsenida) ke XVII yang diinisiasi oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Sukabumi, Jalan lodaya sentra, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, Kamis 23 Februari 2023.

Panitia penyelenggara, Dadang Sadrah, menjelaskan Porsenida akan berlangsung selama sepekan mulai tanggal 23 Februari sampai 1 Maret. Ajang ini diikuti 67 sekolah dari MTS dan SMP dengan tiga cabang lomba yakni Kesenian, Pendidikan, dan Keagamaan.

Lomba kesenian meliputi, kesenian singing, paduan suara, kaligrafi, dan desain poster. Lomba Pendidikan, story telling, reklamasi puisi, pidato bahasa arab, aksara sunda, dan uji kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran. Adapun untuk Keagamaan ialah MHQ, MTQ, MSI dan FQK.

Sementara itu Wabup Iyos Somantri mengatakan Porsenida ke XVII diyakini mampu melahirkan bibit-bibit atlet yang berprestasi dan berkualitas untuk mengharumkan Kabupaten Sukabumi di kancah nasional maupun internasional.

“Kami sangat berterimakasih kepada MAN 3 Sukabumi yang telah menginisiasi kegiatan ini karena bisa melahirkan generasi muda yang berkarakter dan berdaya saing,” kata Wabup Iyos.

Porsenida harus dijadikan kesempatan bagi lembaga sekolah untuk mengasah kemampuan dan keterampilan siswa menjadi generasi unggul.

Wabup Iyos juga mengajak Kemenag untuk menyosialisasikan seluruh Madrasah yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk bersama-sama menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, antusias siswa juga begitu banyak, dan semoga ini menjadi pengembang kemampuan prestasi generasi muda di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Budianto menambahkan, feedback dari Porsenida akan muncul bibit atlet baru di daerah pajampangan, dengan itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Igornas untuk dikembangkan terhadap cabang olahraga yang ada di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kabupaten Sukabumi.

Oleh karena dirinya berharap, seluruh sekolah untuk bisa melakukan penjaringan bibit atlet baru untuk ditindaklanjuti, dan melaporkannya ke Igornas tingkat Kecamatan maupun Kabupaten, apalagi ditahun 2023 akan dilaksanakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA).

“Semoga dalam pelaksanaan Popda nanti Kabupaten Sukabumi bisa memberikan torehan prestasi yang mengharumkan daerah,” singkatnya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

Related Posts

Add New Playlist