Senin,20 Mei 2024
Pukul: 09:44 WIB

Wabup Iyos Apresiasi Panen Raya Edamame, Sebut Sinergitas yang Menguntungkan dan Menyejahterakan

Wabup Iyos Apresiasi Panen Raya Edamame, Sebut Sinergitas yang Menguntungkan dan Menyejahterakan

Minggu, 9 April 2023
/ Pukul: 17:59 WIB
Minggu, 9 April 2023
Pukul 17:59 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, menghadiri panen raya komoditas hasil pertanian kacang edamame di Yayasan Darul Ihsan Istiqomah di Kampung Babakan, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi Minggu (9/4/2023).

Panen raya perdana komoditas pertanian kacang edamame ini adalah hasil olahan unit usaha Yayasan Darul Ihsan Istiqomah yang ditanam di lahan seluas satu hektar siap panen. Hal ini guna menopang biaya pendidikan santri yatim piatu dan dhuafa di Darul Ihsan Istiqomah.

Selain itu pihak yayasan juga menyiapkan beberapa lahan tidur menjadi lahan produktif untuk pertanian, perikanan dan peternakan. Dalam sambutannya Wabup Iyos mengaku bersyukur dengan dilaksanakannya kegiatan panen raya yang diselenggarakan Darul Ihsan Istiqomah. Apalagi dalam pelaksanaannya pun melibatkan warga masyarakat setempat.

“Ini kerjasama yang baik, simbiosis mutualistis. Insha Allah warga masyarakatnya bisa ikut beraktifitas, yayasannya bisa berkembang, anak anaknya bisa maju,” jelasnya.

Wabup meminta pihak pemerintah desa hingga perangkat daerah terkait untuk saling bersinergi dan berkolaborasi guna mendukung unit usaha yayasan darul ihsan istiqomah.

“Ada take and give di sini. Yayasannya bisa berkembang, masyarakat bisa bekerja, jadi ada pendapatan bagi warga,” ungkapnya.

Wabup berharap kolaborasi dan sinergi ini bisa memberikan dampak terhadap ekonomi masyarakat. Sehingga memberikan kesejahteraan bagi warga masyarakat sekitar.

“Semoga apa yang diperbuat bisa menjadi amal dan memberikan dampak secara ekonomi, serta mendapat ridho Allah SWT,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ahmad Dayari selaku pimpinan Yayasan Darul Ihsan Istiqomah melaporkan panen kacang edamame yang dikelola langsung oleh warga setempat ini mempunyai nilai yang sangat bagus dan menjanjikan untuk penghasilan warga setempat.

“Kacang edamame ini mempunyai nilai yang bagus kami juga sudah mengadakan MOU dengan PT. Mulai dari benih sampai hasil yang di produksi dari hulu ke hilir untuk suplay yang profesional,” terangnya.

Ahmad Dayari juga menyampaikan Yayasan Darul Istiqomah didirikan pada tahun 2020 yang sudah mendidik 30 santri dari yatim piatu dan dhuafa.

“Insha Allah tahun depan akan kita tingkatkan lagi menjadi 60 siswa tingkatan SMP dan SMA,” pungkasnya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

Related Posts

Add New Playlist