Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 12:24 WIB

Viral! Detik-detik Sebuah Rumah Ambruk ke Sungai di Cibadak Sukabumi

Viral! Detik-detik Sebuah Rumah Ambruk ke Sungai di Cibadak Sukabumi

Senin, 27 Februari 2023
/ Pukul: 14:42 WIB
Senin, 27 Februari 2023
Pukul 14:42 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Sebuah rumah ambruk terbawa tanah yang longsor ke sungai di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (27/2/2023). Detik-detik ambruknya rumah pun sempat direkam oleh warga.

Peristiwa itu terjadi di Kampung Gudang RT 4 RW 6, Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Peristiwa terjadi sekira pukul 05.30 WIB.

“Langsung ambruk semua. Yang ambruk bagian ruang tamu, semuanya tidak ada yang tertolong,” kata Siti Maryam (33) didampingi tantenya, Ida Parida kepada sukabumisatu.com.

Ida menambahkan, rumah tersebut sudah sejak lama terdampak pergerakan tanah di pinggir sungai. Sebelumnya, bagia toilet dan dapur juga ambruk.

“Kalau wc dan dapurnya ambruk malam kemarin sekira pukul 11,” kata dia.

https://www.instagram.com/p/CpKKTQ9M2Je/

Ida mengatakan rumah milik kakaknya ini sering terdampak longsor sejak lama. Awalnya dampak yang diakibatkan dari longsor hanya retak-retak di bagian dinding.

“Sudah dari tahun 2007. Retak sedikit-sedikit, dan sekarang kejadian lagi bagian ruang tamunya yang amblas kebawa longsor,” kata dia.

Ida mengatakan rumah yang ambruk dihuni oleh Siti Maryam bersama suaminya, Rano, dan dua orang anak Raffa (9), dan Hayatul Husni (1,5).

“Sekarang mereka ini ngungsi di rumah kerabat,” kata dia.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat mengatakan ada sejumlah rumah yang juga terancam. Ia berharap ada upaya dari pemerintah daerah untuk memindahkan rumah-rumah itu.

“Kurang lebih 10 rumah. Kalau tidak dipindahkan yang kami khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Reporter: Suhendi Soex | Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

Related Posts

Add New Playlist