Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 07:51 WIB

Jatuh ke Mesin Produksi, Seorang Pekerja Tewas di PT Semen Jawa Sukabumi

Jatuh ke Mesin Produksi, Seorang Pekerja Tewas di PT Semen Jawa Sukabumi

Selasa, 14 November 2023
/ Pukul: 11:04 WIB
Selasa, 14 November 2023
Pukul 11:04 WIB
Kawasan produksi semen PT Semen Jawa di Kabupaten Sukabumi.
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Seorang pekerja meninggal dunia usai jatuh ke mesin produksi di pabrik semen PT Semen Jawa di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Senin (13/11/2023). Posisi korban sempat tidak diketahui hingga ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di dalam mesin.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Peramas Wajananawat, menjelaskan kronologi insiden itu. Korban diketahui bernama Andri yang bertugas sebagai helper.

“Segenap Manajemen dan Staf PT Semen Jawa dengan berat hati menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada rekan kami, Andri, yang menjadi korban kecelakaan kerja,” ujar Peramas dalam keterangan resmi yang diterima redaksi sukabumisatu.com, Selasa (14/11/2023).

Peramas mengatakan kecelakaan terjadi saat Andri dan seorang rekannya bernama Andi hendak melepas lampu penerangan yang terletak di atas salah satu mesin produksi multi cyclone.

Andi berada pada posisi merilis kabel, dan korban menggulung kabel di area yang terpisah. Keduanya tidak dapat melihat satu sama lain.

“Hingga akhirnya rekan korban menyadari bahwa Andri tidak berada di tempatnya dan tidak menjawab saat dipanggil. Pencarian mulai dilakukan dengan melibatkan Tim Mekanik PT Semen Jawa karena diduga korban hilang di sekitar area mesin,” kata dia.

Tim Mekanik PT Semen Jawa bersama tim medis klinik PT Semen Jawa, Tim inafis Polres Sukabumi kota, Polsek Gunungguruh, BPBD Kabupaten Sukabumi, serta Babinsa Desa Wangunreja dan Gunungguruh berhasil melakukan proses evakuasi korban pada pukul 21.45 WIB.

Namun korban dalam keadaan tidak bernyawa dan langsung dilarikan ke RSUD R. Syamsudin, SH untuk dilakukan autopsi.

“Hari ini, pukul 08.30 WIB, korban telah dimakamkan oleh pihak keluarga. Tim manajemen akan bekerja sama dengan otoritas untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab kejadian ini,” imbuh Peramas.

Peramas menjelaskan, PT Semen Jawa kini tengah memprioritas untuk memberikan dukungan kepada keluarga korban dan memberikan kompensasi yang layak. Hal itu selaras dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku baik di tingkat perusahaan maupun negara.

“Pihak PT Semen Jawa akan memastikan langkah-langkah keamanan ditingkatkan agar kejadian serupa tidak terulang dan memastikan semua proses operasi sesuai dengan SOP yang berlaku. Kami akan terus menginformasikan perkembangan kasus ini lebih lanjut dan memastikan proses penyelidikan berjalan dengan lancar. Terima kasih atas pengertian dan mohon doa dari semua pihak,” tukasnya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

 

Related Posts

Add New Playlist