Senin,15 Juli 2024
Pukul: 17:41 WIB

Anggaran Rp 11,6 Triliun, Kementerian PUPR Bangun Jalan Wisata Situs Megalodon di Surade Sukabumi

Anggaran Rp 11,6 Triliun, Kementerian PUPR Bangun Jalan Wisata Situs Megalodon di Surade Sukabumi

Rabu, 20 Desember 2023
/ Pukul: 21:05 WIB
Rabu, 20 Desember 2023
Pukul 21:05 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Untuk meningkatkan dan pengembangan kawasan wisata Megalodon di Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengaspalan dan pelebaran jalan.

Jalan wisata yang dibangun itu merupakan proyek Kementrian PUPR melaui program Infrastruktur Jalan Desa ( IJD ) dengan sumber dana APBN Tahun 2023 sebesar Rp 11,6 triliun, dan pelaksananya oleh PT Marko Wijaya Mandiri.

Sebelum diperbaiki, jalan tersebut merupakan status jalan milik desa yang dialihfungsikan menjadi status jalan Kabupaten Sukabumi. Jalan sepanjang 4.200 meter dan lebar 5,5 meter itu dikerjakan dalam waktu 59 hari kerja.

Camat Surade, Suryana, menyambut gembira adanya pembangunan itu. Setidaknya, kata Suryana, dengan kondisi jalan tersebut akan berdampak positif bagi kehidupan perekonomian warga setempat.

” Ini sangat berpengaruh bagi masyarakat petani terutama ketika mereka menjual hasil pertaniannya, disamping itu anak anak sekolah pun akan terbantu ketika mereka pergi dan pulang sekolah, ” jelasnya.

Camat Surade berharap agar kedepannya program PUPR ini berlanjut dan menyentuh spot spot pariwisata yang ada di Desa Cipeundeuy, Sukatani, dan Buniwangi. Hal senada diutarakan Kepala Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Bakang Anwar As’adi, menurutnya, jika program IJD ini berkelanjutan akan berdampak positif bagi geliatnya perekonomian masyarakat.

” Saking gembira dan bersyukurnya ada program ini, ada warga kami yang melakukan sujud syukur ditengah jalan, ” tuturnya.

Rasa syukur dan terima kasih pun diucapkan Kepala Desa Gunungsungging, Nanang. Ia menilai pembangunan jalan ini merupakan wujud perhatian pemerintah pusat terhadap desanya.

“Saya atas nama masyarakat Desa Gunungsungging mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberi perhatian kepada desa kami, ” ujar Nanang.

Sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih, Pemdes Gunungsungging menggelar syukuran di Tugu Keramat Bendera Kabuyutan – Gunungsungging Ginding, (20/12/23 ). Dalam acara itu ditampilkan beberapa pertujukan, diantaranya atraksi Pencak Silat.

Reporter: Jajang Suhendar | Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

 

Related Posts

Add New Playlist