Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 01:53 WIB

Warga Resah, Ratusan Monyet Liar Masuk ke Pemukiman di Sukaraja Sukabumi

Warga Resah, Ratusan Monyet Liar Masuk ke Pemukiman di Sukaraja Sukabumi

Selasa, 2 Mei 2023
/ Pukul: 15:48 WIB
Selasa, 2 Mei 2023
Pukul 15:48 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Kawanan monyet berkeliaran di permukiman warga di Kampung Cijeruk, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Kemunculan kawanan monyet tersebut membuat warga resah.

Dari rekaman video yang diperoleh sukabumisatu.com, kawanan monyet liar tersebut terlihat berkeliaran dekat rumah warga. Beberapa ekor diantaranya terlihat berusaha masuk ke dalam rumah warga.

Salah seorang warga sekitar, Heni (45), mengatakan kawanan monyet kerap datang ke pemukiman warga setidaknya dalam dua hari terakhir. Bahkan, awalnya jumlah monyet yang masuk ke pemukiman jumlahnya mencapai ratusan ekor.

“Warga di sini jadi pada resah. Apalagi kawanan monyet liar ini sudah masuk ke tengah pemukiman, warga disini pada takut, di usir malah makin banyak,” ujar Heni kepada sukabumisatu.com, Selasa (02/05/2023).

Heni mengatakan, dalam dua hari terakhir, kawanan monyet tersebut kerap datang ke pemukiman warga di pagi hari sekira pukul 08.00 WIB.

Hal senada juga diungkapkan warga Kampung Cijeruk lainnya, Dadan (54). Ia mengatakan kehadiran monyet liar di tengah perkampungan warga ini terbilang tak biasa.

Monyet-monyet tersebut berasal dari kawasan perkebunan yang dikelola Perhutani Goalpara. Ia menduga kawanan monyet yang memasuki kawasan padat penduduk tersebut kehabisan makanan di habitatnya.

“Keberadaan monyet-monyet ini memang membuat khawatir warga sekitar, jumlahnya kan banyak bahkan ratusan,” kata dia.

Dadan mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke Pemerintah Desa Sukamekar. Ia pun berharap kawanan monyet pergi dengan sendirinya tanpa harus ada upaya yang juga mengganggu keselamatan satwa liar tersebut.

“Mudah-mudahan dari instansi terkait segera memberikan solusi terhadap adanya kawanan monyet liar di permukiman ini,” tukasnya.

Reporter: Iwan Akar | Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

 

Related Posts

Add New Playlist