Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 08:06 WIB

Rumah Rusak Tertimpa Pohon, Cuaca Ekstrem Landa 7 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi

Rumah Rusak Tertimpa Pohon, Cuaca Ekstrem Landa 7 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi

Sabtu, 4 Februari 2023
/ Pukul: 14:01 WIB
Sabtu, 4 Februari 2023
Pukul 14:01 WIB
Salah satu rumah yang tertimpa pohon tumbang saat cuaca ekstem melanda Kabupaten Sukabumi.
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.comHujan disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu pagi (4/2/2023). Sejumlah rumah pun rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Sejumlah wilayah yang dilanda angin kencang hingga menyebabkan beberapa pohon tumbang yakni Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Caringin, Nagrak, Cibadak, Parakansalak dan Bojong Genteng.

Salah satu warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang di Kampung Cikukulu Rt 18/05, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Rohani (70 tahun), mengatakan, saat kejadian dirinya sedang pergi ke sebuah warung.

Ia pun kaget melihat pohon-pohon yang ada di sekitar rumahnya tiba-tiba tumbang diterjang angin kencang lalu menimpa rumahnya itu. Sementara cucunya masih tertidur di dalam kamar.

“Pulang dari warung, hujan kok kecil gerimis, tiba-tiba angin kenceng banget. Ingat cucu, saya langsung pergi ke kamar buat bangunin dia. Alhamdulillah selamat,” kata Rohani.

Beruntung, dirinya masih sempat menyelamatkan cucunya dan bisa menghindari reruntuhan rumahnya yang tertimpa pohon petai setinggi 30 meter.

“Kita keluar, saya tarik cucu saya sampe ke depan ke sini. Tiba-tiba angin kaya muter dan pohon langsung runtuh, rumah saya hancur,” tuturnya.

Tidak lama petugas BPBD Kabupaten Sukabumi bersama petugas PMI dan warga sekitar langsung mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga tersebut.

Petugas BPBD Kabupaten Sukabumi, Beki Supriatna, mengatakan sejak pukul 06.30 WIB wilayah Sukabumi dilanda cuaca ekstrem. BPBD meminta warga mewaspadai pohon rawan tumbang

“Tadi pagi di Kabupaten Sukabumi cuaca sangat ekstrem hujan disertai angin kencang sekitar pukul 6.30 sehingga mengakibatkan terjadinya angin puting beliung di beberapa Kecamatan,” kata Beki.

“Salah satunya mungkin di Kecamatan Cicantayan yang mengalami pohon tumbang dan menimpa beberapa rumah di tiga titik,” tambahnya.

Menurut laporan yang diterima BPBD dari 7 Kecamatan yang dilanda angin puting beliung, tidak ada korban jiwa. Namun sejumlah rumah rusak dan masih dalam perhitungan jumlah kerugian.

“Kalau untuk korban jiwa sampai saat ini belum ada laporan. Kami menerima laporan ada juga beberapa rumah yang atapnya terbang. Ada beberapa rumah juga yang tertimpa pohon seperti di Cicantayan ini,” pungkasnya.

Reporter: Carep 1 

Related Posts

Add New Playlist