Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 11:59 WIB

Peringati Hari Kartini, Teh Miftahul Janah: Semangat Perempuan Indonesia Raih Kemajuan

Peringati Hari Kartini, Teh Miftahul Janah: Semangat Perempuan Indonesia Raih Kemajuan

Senin, 22 April 2024
/ Pukul: 10:01 WIB
Senin, 22 April 2024
Pukul 10:01 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Sekretaris Jenderal perempuan-bangsa/">DPP Perempuan Bangsa, Miftahul Janah, menggaungkan kembali semangat perempuan dalam rangka memperingati Hari Kartini sebagai bentuk perjuangan emansipasi wanita di Indonesia yang dipelopori oleh Raden Ajeng Kartini, pada Minggu (21/4/2024)

Pemikiran Kartini yang progresif dan modern, kata Miftahul Janah, memberikan inspirasi bagi wanita Indonesia untuk terus berjuang dan meraih kebebasan serta kesetaraan dalam berbagai aspek kehidupan. Meskipun sudah lebih dari seabad berlalu sejak Kartini meninggal dunia, semangatnya masih tetap hidup di hati setiap perempuan Indonesia.

“Sebab itu hingga Kini, di tengah perkembangan zaman yang semakin modern, pemikiran Kartini masih relevan kususnya dalam perjuangannya untuk mendapatkan pendidikan yang layak, kesetaraan gender, dan peran aktif wanita dalam pembangunan dan kemajuan bangsa,” ujar Miftahul Janah dalam keterangan yang diterima sukabumisatu.com.

Ia pun mengajak untuk terus memperingati Hari Kartini dengan menghargai perjuangannya serta mendukung dan mendorong wanita Indonesia untuk terus berkembang dan maju dalam segala bidang.

“Oleh karenanya saya turut mengucapkan Selamat Hari Kartini! Semangat perempuan Indonesia untuk terus meraih kemajuan dan keberhasilan. Tentunya, semua wanita memiliki potensi dan hak yang sama untuk meraih impian dan cita-cita mereka, sama seperti Raden Ajeng Kartini,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Beberapa orang berpendapat bahwa Kartini adalah salah satu tokoh perempuan Indonesia yang sangat berpengaruh dalam sejarah perjuangan perempuan. Meskipun hidup pada abad ke-19, pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih relevan hingga saat ini.

Namun demikian, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan laki-laki, serta untuk memiliki kebebasan dalam memilih jalan hidupnya. Dia menolak tradisi yang mengekang perempuan dalam peran domestik belaka, dan berjuang untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi perempuan untuk berkontribusi dalam segala aspek sosial.

Tentunya, pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan juga mencerminkan semangat nasionalisme dan kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. Dia percaya bahwa perempuan yang terdidik dan mandiri adalah aset berharga bagi kemajuan bangsa.

“Meskipun telah berlalu lebih dari seabad sejak Kartini meninggal, namun semangat perjuangannya masih terus menginspirasi banyak perempuan Indonesia untuk terus berjuang demi kesetaraan gender dan kebebasan dalam mengejar impian mereka. Kita semua dapat belajar dari pemikiran Kartini tentang pentingnya pendidikan, kemandirian, dan kesetaraan dalam mencapai cita-cita kita,” pungkasnya.

 

Related Posts

Add New Playlist