Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 11:37 WIB

Mahasiswa Akpar CBI Kunjungi Kadis PU Kabupaten Sukabumi, Ini yang Dibahas!

Mahasiswa Akpar CBI Kunjungi Kadis PU Kabupaten Sukabumi, Ini yang Dibahas!

Kamis, 16 Maret 2023
/ Pukul: 21:13 WIB
Kamis, 16 Maret 2023
Pukul 21:13 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Kepala dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar mendapatkan kunjungan dari mahasiswa AKPAR CBI. Para mahasiswa mengajak pria yang karib disapa Babeh Asjap tersebut untuk berdialog tentang infrastruktur jalan sebagai salah satu penunjang dalam dunia pariwisata.

“Di kepemimpinan Bupati Marwan, sudah banyak sekali perubahan dalam infrastruktur jalan. Di beberapa wilayah yang menuju objek wisata memang harus bagus, namun dengan segala keterbatasannya masyarakat atau pengunjung dimohon untuk maklum,” kata Babeh Asjap dalam keterangan yang diterima sukabumisatu.com, Kamis malam (17/3/2023).

Dalam pengelolaan pariwisata di Kabupaten Sukabumi, lanjut Asjap, ada istilah unsur 3A. Hal ini menjadi pokok bahasan antara Kadis Asjap dengan para mahasiswa.

A pertama adalah atraksi. Asjap mengatakan wilayah Kabupaten Sukabumi memiliki banyak potensi wisata sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang sangat kompleks. Di sektor pariwiata, Kabupaten Sukabumi tersedia ragam jenisnya atau yang lebih dikenal dengan istilah Gurilaps (gunung, rimba, laut, pantai, sungai dan seni budaya).

Selanjutnya A yang kedua adalah aksesibilitas. Hal ini lah yang menjadi ranah Dinas PU Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya unsur yang ketiga adalah aminitas hotel, diantaranya fasilitas penunjang yang ada di tempat wisata seperti toilet umum, tempat ibadah, tempat jajanan, tempat oleh oleh.

Babeh Asjap mengatakan infrastruktur pariwisata yang bagus akan mendorong sumber-sumber pertumbuhan baru dan mengungkit pertumbuhan ekonomi wilayah. Selain itu, infrastruktur jalan yang memadai bakal memperkuat konektivitas antarsimpul-simpul pertumbuhan di kawasan industri dan pariwisata.

“Tentu yah, dengan infrastruktur- infrastruktur yang memadai itu tentunya kaan meningkatkan, menumbuhkan dan memperbaikin perekonomian warga yang berada di kawasan industri juga pariwisata,” paparnya.

“Karena industri pariwisata merupakan salah satu sektor paling penting dari suatu negara ekonomi dengan tingkat pertumbuhan yang cepat. Pariwisata dan penumpang industri transportasi merupakan sektor yang berkaitan dan memberikan dampak besar dari laju pertumbuhan ekonomi di banyak negara,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir mahasiswa/i AKPAR CBI, diantaranya Ai, Wulan, Aulan dan Wali yang ingin menyampaikan langsung aspirasi tersebut ke pada Kadis PU.

Asep japar berharap pariwisata bisa menjadi diversifikasi sektor ekonomi. Sebab, Kabupaten Sukabumi tidak akan bisa terus menerus bertahan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kini, pariwisata menjadi sektor yang menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Tapi untuk menuju itu diperlukan infrastruktur yang mendukung.

“Jika infrastrukturnya mendukung, saya optimistis pariwisatanya juga akan meningkat. Sehingga, daya tariknya semakin kuat, yang berujung pada peningkatan ekonomi kita di daerah,” pungkasnya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

Related Posts

Add New Playlist