Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 00:18 WIB

Lepas Ratusan Jemaah Calhaj, Bupati Marwan: Mohon Doa untuk Kemajuan Kabupaten Sukabumi

Lepas Ratusan Jemaah Calhaj, Bupati Marwan: Mohon Doa untuk Kemajuan Kabupaten Sukabumi

Kamis, 1 Juni 2023
/ Pukul: 19:21 WIB
Kamis, 1 Juni 2023
Pukul 19:21 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COMBupati Sukabumi, Marwan Hamami melepas ratusan jemaah calon haji (calhaj) yang akan beribadah ke tanah suci dari Pusbangdai Cikembar, Kamis (1/6/2023). Marwan berpesan agar para jemaah calhaj memohon doa untuk kebaikan serta kemajuan Indonesia dan Kabupaten Sukabumi.

“Jangan lupa juga, mohon doanya untuk kebaikan dan kemajuan Indonesia serta Kabupaten Sukabumi. Selamat beribadah dan semoga menjadi haji mabrur,” ujar Marwan di sela kegiatan pemberangkatan jemaah calhaj.

Mereka yang berangkat kali ini merupakan jemaah calhaj kloter 22 asal Kabupaten Sukabumi. Terdapat 374 jemaah calhaj yang tergabung ke dalam kloter 22.

Terdiri dari 366 jemaah dan 8 petugas. Di mana, dari petugas ini terdapat dokter dan perawat yang akan melayani calhaj selama beribadah.

Calhaj kloter 22 ini, didominasi perempuan dan lansia. Bahkan, calhaj tertua di kloter ini berusia 98 tahun asal Kecamatan Jampangkulon. Hal itu sesuai tagline tahun ini berupa haji berkeadilan dan ramah lansia. Meskipun, ada pula calhaj berusia 19 tahun yang ikut berangkat.

Berkaitan hal tersebut, Marwan mengingatkan para calhaj untuk menjaga kesehatan selama di tanah suci. Apalagi, cuaca di tanah suci relatif lebih panas jika dibandingkan dengan Indonesia.

“Jaga kesehatan ketika di (tanah suci) sana, ibadah haji perlu fisik prima. Jadi, harus bisa mengatur ritme,” ujarnya.

Selain itu, Marwan meminta para calhaj untuk saling menolong. Bahkan, bila ada yang sakit segera berkonsultasi dengan dokter yang ada di rombongan.

“Ketika ada kendala, langsung sampaikan ke petugas. Sehingga, beribadahnya tidak terganggu,” ucapnya.

Terakhir, Marwan meminta para calhaj untuk menjadi duta bangsa dengan berprilaku baik serta ramah kepada yang lain.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, Asep Hidayat, menambahkan lansia di tahun ini memang relatif lebih banyak yang berangkat ke tanah suci. Meskipun begitu, Kemenag berkomiten memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk lansia.

“Mari seluruh jemaah untuk saling peduli,terutama kepada lansia yang berada di rombongan kita,” bebernya.

Dirinya pun berpesan agar jemaah membawa barang seperlunya sesuai yang dibutuhkan selama beribadah haji.

“Manfaatkan kesempatan beribadah haji ini dengan baik. Ketika ada kesulitan beribadah, konsultasikan dengan para pembimbing,” pungkasnya. (*)

 

Related Posts

Add New Playlist