Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 00:58 WIB

Kodim 0622 Kab Sukabumi Bantu Evakuasi Korban Pergerakan Tanah di Pasir Suren

Kodim 0622 Kab Sukabumi Bantu Evakuasi Korban Pergerakan Tanah di Pasir Suren

Jumat, 30 Desember 2022
/ Pukul: 20:33 WIB
Jumat, 30 Desember 2022
Pukul 20:33 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

PALABUHANRATU, SUKABUMISATU.COM – Curah Hujan yang tinggi pada tanggal 27 hingga 29 Desember 2022 di wilayah Kabupaten Sukabumi memicu pergerakan tanah hingga mengakibatkan kerusakan rumah warga maupun fasilitas umum di Kampung Nyalindung, Desa Pasir Suren, Kecamatan Palabuahanratu.

Menyikapi bencana alam Pergerakan tanah yang terjadi, Kodim 0622/Kab. Sukabumi mengerahkan personel dan materil ke lokasi bencana guna membantu masyarakat yang terdampak. Satu Pleton Personel Kodim 0622/Kab. Sukabumi dipimpin Kapten Inf Maman Sulaiman Danramil 22-02/Palabuhanratu langsung membantu pelaksanaan evakuasi warga dan harta benda milik warga menuju tempat tinggal sementara dengan menggunakan satu unit truk NPS Kodim 0622/Kab Sukabumi.

Di lokasi bencana, Komandan Kodim 0622/Kab Sukabumi Letnan Kolonel Inf Anjar Ari Wibowo, mengatakan bahwa personel Kodim 0622/Kab Sukabumi yang saat ini berada di lokasi bencana siap membantu masyarakat yang terdampak bencana alam sampai dengan proses evakuasi selesai. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan peduli terhadap keamanan diri dan keluarga.

Bencana pergerakan tanah juga pernah terjadi pada tahun 2021 dan Pemda Kab. Sukabumi telah merencanakan relokasi masyarakat Kampung Nyalindung ke tempat yang lebih aman dari bencana alam.

“Kodim siap membantu apabila mereka butuhkan untuk evakuasi barang barang dan sebagainya, apa yang kita punya dari kodim akan kita kerahkan,” kata Letkol Anjar.

Ia mengatakan, satu unit eskavator juga sudah disiagakan. Namun, lokasi bencana tidak memungkinkan dimasuki alat berat karena memang gang gang dan lorong terlalu kecil sehingga belum dibutuhkan saat ini alat berat itu.

Pihak Kodim juga sudah memastikan BPBD, Desa, Koramil siap membantu masyarakat untuk merubuhkan bangunan-bangunan yang rawan apabila terjadi pergerakan tanah susulan.

Related Posts

Add New Playlist