Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 07:50 WIB

Diakibatkan Akitivitas Sesar Cimandiri, Gempa M 4,0 Sukabumi Terasa Hingga Bogor dan Lebak

Diakibatkan Akitivitas Sesar Cimandiri, Gempa M 4,0 Sukabumi Terasa Hingga Bogor dan Lebak

Selasa, 28 Februari 2023
/ Pukul: 21:32 WIB
Selasa, 28 Februari 2023
Pukul 21:32 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan magnitudo 4,0 yang berpusat di Sukabumi diakibatkan akitivitas Lempeng atau Sesar Cimandiri. Tak hanya Sukabumi, getaran gempa terasa hingga Kabupaten Lebak dan Bogor.

Data dari BMKG menyebutkan gempa tektonik itu berpusat di koordinat 7.03 LS dan 106.64 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 3 kilometer.

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan informasi dari masyarakat menyebutkan gempa dirasakan di wilayah Kota Sukabumi, Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II – III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Getaran juga dirasakan warga di Bogor, Lebak, dan Bayah dengan Skala Intensitas II MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga berita ini disusun, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga pukul 20:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

Related Posts

Add New Playlist