Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 11:25 WIB

Buka Rakerwil AAI, Bupati Marwan: Pengelolaan Kearsipan Harus Lebih Baik 

Buka Rakerwil AAI, Bupati Marwan: Pengelolaan Kearsipan Harus Lebih Baik 

Kamis, 15 Juni 2023
/ Pukul: 19:34 WIB
Kamis, 15 Juni 2023
Pukul 19:34 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COMAsosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Provinsi Jawa Barat gelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) tahun 2023, di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu. Kamis, (15/06/2023). Rakerwil AAI 2023 ini mengusung tema sinergi dan kolaborasi jabatan fungsional arsiparis untuk mendukung transformasi arsip digital menuju peradaban unggul, acara dibuka oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Dispusipda Provinsi Jabar Hening Wisiatmoko menyatakan, Kabupaten Sukabumi terpilih menjadi daerah diselenggarakan Rakerwil 2023, karena merupakan daerah potensi wisata. Selain itu, juga keaktifan pimpinan cabang AAI di Kabupaten Sukabumi.

“Pemerintahan Kabupaten Sukabumi welcome ketika diminta menjadi tuan rumah terselenggaranya kegiatan rakerwil. Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Sukabumi atas kepedulian terhadap kearsipan,” ucapnya.

Menurutnya, lokasi rakernas di Kabupaten Sukabumi ini sangat efektif, sejatinya rakerwil ini bertujuan memberikan ruang dan waktu kepada sesama untuk berbagai kondisi dan keadaan memberikan ide-ide cemerlang untuk mewujudkan visi misi sebuah organisasi. Disamping itu, juga bisa melakukan liburan bersama-sama.

“Kami sangat senang Pemerintahan Kabupaten Sukabumi sangat baik dalam mendukung komitmen kearsiapn ini, bahkan, bisa menghayati peran bahwa arsip itu penting,” ungkapnya.

Ia berharap, Mudah-mudahan adanya rakor yang diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi bisa membawa perubahan sukabumi yang lebih baik dalam pengelolaan pembangunan kearsipan.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku bersyukur adanya pelaksanaan rakerwil kearsipan se-Provinsi Jabar yang dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, sehingga bangunan-bangunan peninggalan sejarawan bisa semakin diperkuat oleh AAI. Termasuk hotel yang dijadikan lokasi rakerwil ini merupakan hotel sejarah.

“Jadi pendataan satu objek ini bisa memberikan penguatan nilai sejarah bagi generasi bangsa dimasa yang akan datang,” jelasnya.

Menurut Bupati, tidak semua orang tahu bahwa bangunan atau tempat yang ada di Kabupaten Sukabumi ini memiliki sejarah yang sangat pekat. Oleh karena itu, adanya rakerwil AAI bisa menguatkan kembali nilai-nilai sejarah di Kabupaten Sukabumi.

“Diarsip inilah mereka harus mencatat dan mengilustrasikan sejarah yang ada di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Ketua Pimpinan Cabang AAI Kabupaten Sukabumi Nina Kurniasih menambahkan, raker AAI 2023 dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 15-16 Juni esok yang diikuti oleh 210 peserta terdiri dari pejabat kearsipan se Jawa Barat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membuka pemikiran semua orang bahwa arsip itu tidak dipandang sebelah mata tetapi arsip itu sangatlah penting. Karena arsip hilang aset melayang,” singkatnya. (*)

 

Related Posts

Add New Playlist