Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 11:26 WIB

Menggali Potensi UMKM Bubur dan Pabrik Kecap untuk Kemajuan Ekonomi di Kelurahan Citamiang

Menggali Potensi UMKM Bubur dan Pabrik Kecap untuk Kemajuan Ekonomi di Kelurahan Citamiang

Sabtu, 2 Maret 2024
/ Pukul: 19:23 WIB
Sabtu, 2 Maret 2024
Pukul 19:23 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Kelurahan Citamiang, sebuah Kelurahan yang terletak di Sukabumi, merupakan sebuah kawasan yang kaya akan potensi di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam produksi bubur dan kecap. Selain menjadi pusat inovasi digital, desa ini juga dikenal memiliki pabrik kecap yang telah berdiri sejak tahun 1937.

Pabrik kecap tersebut bukan hanya menjadi penopang ekonomi lokal tetapi juga memberikan dampak yang signifikan. Keunikan terletak pada penggunaan kecap yang dihasilkan untuk membuat bubur yang menjadi produk unggulan setiap rumah tangga di Kelurahan Citamiang, melibatkan seluruh anggota keluarga dari generasi ke generasi.

Produksi kecap dari Kelurahan Citamiang tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal di Sukabumi, namun juga telah merambah pasar di luar kota seperti Bogor. Dukungan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah UMKM di kelurahan ini mencerminkan semangat diversifikasi usaha mikro yang dapat dijadikan contoh bagi daerah sekitarnya. Pendampingan terhadap wirausaha baru juga menjadi faktor kunci dalam memperkuat sektor UMKM di Kelurahan Citamiang.

Dengan potensi UMKM bubur dan pabrik kecap yang dimiliki serta dukungan yang ada, Kelurahan Citamiang memiliki peluang besar untuk terus mengembangkan sektor UMKM dan industri manufaktur.

Langkah ini tidak hanya akan meningkatkan perekonomian lokal tetapi juga akan memberdayakan masyarakat desa secara menyeluruh. Melalui kolaborasi antara tradisi lokal dan inovasi bisnis, Kelurahan Citamiang mampu menjadi contoh sukses dalam pengembangan UMKM yang berkelanjutan.

Related Posts

Add New Playlist