Selasa,16 Juli 2024
Pukul: 05:52 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi Peduli Salurkan Santunan ke 30 Panti

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi Peduli Salurkan Santunan ke 30 Panti

Jumat, 14 April 2023
/ Pukul: 21:28 WIB
Jumat, 14 April 2023
Pukul 21:28 WIB
Foto bersama Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di sela kegiatan pembagian santuan Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi, Jumat (14/4/2023).
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COMPerkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi Peduli membagikan santunan untuk 30 panti di Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap bulan Ramadan yang mulai dilaksanakan sejak 2014.

Pembagian santunan diselenggarakan di Sekretariat Bersama Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi di Komplek Ruko Danalaga Square Odeon, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jumat (14/4/2023). Kegiatan tersebut juga dihadiri Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

“Untuk tahun ini ada 30 lembaga sosial penerima santunan. Terdiri dari panti asuhan, panti sosial, panti jompo, dan panti penyandang disabilitas,” kata Hasan Ichsan, Sekretaris Lima Perkumpulan Tionghoa Sukabumi kepada sukabumisatu.com.

Hasan mengatakan santunan yang diberikan terdiri diri satu peti telur ayam, 25 kilogram beras, dan uang tunai. Sesuai dari tujuan pendirian perkumpulan tionghoa, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat di bidang sosial.

“Kegiatan ini kami selenggarakan setiap Ramadan. Kami ingin berbagi kepedulian, dan kebahagiaan tentunya sesuai dengan tujuan pendirian Perkumpulan Warga Tionghoa ini,” kata dia.

Hasan menjelaskan, pemberian santuan setiap Ramadan rutin digelar sejak 2014. Di tahun awal, penerima santunan hanya berjumlah dua lembaga saja.

Tahun ke tahun, jumlah penerima santunan terus meningkat. Ia pun menekankan pembagian santunan untuk panti tidak melihat latar belakang golongan pengelolanya.

“Program kami ini merangkul semua golongan, semoga bisa terus terlaksana dari tahun ke tahun,” kata dia.

Menjelang Idul Fitri, Hasan juga berharap pelaksanaan peringatan hari besar Umat Islam itu bisa berlangsung lancar dan damai. Ia turut berharap keberkahan Ramadan dan Idul Fitri bisa dirasakan semua warga.

“Di bulan suci Ramadan hingga pelaksanaan Idul Fitri Nanti, semoga semua bisa berlangsung lancar dan diberkahi,” kata dia.

Sementara itu, Pengurus Panti Sosial Tresna Weda Asisi, Suster M Bernadeth, mengaku bersyukur dengan kegiatan pembagian santunan yang diadakan Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi. Pihaknya rutin mendapatkan bantuan santunan dari perkumpulan itu di setiap Ramadan.

“Kami bersyukur keluarga Tionghoa ini memperhatikan panti-panti yang ada di Sukabumi. Sehingga setiap Ramadan kelompok ini selalu mengundang kami untuk berbagi kasih,” kata Suster Bernadeth.

Ia mengatakan bantuan yang diterimanya sangat bermanfaat untuk para penghuni panti. Kebutuhan logistik seperti beras dan telur menjadi hal yang penting untuk Panti Sosial Tresna Weda Asisi yang mengasuh 55 penghuni panti.

Hal senada juga diungkapkan Nenih Sumarni, pengurus Panti Yatim Piatu Hayatul Islamiyah yang berlokasi di Kecamatan Warudoyong. Ia bersyukur bisa mendapat santunan untuk membantu memenuhi kebutuhan 28 penghuni panti.

“Bantuan seperti ini tentu cukup berharga. Semoga bisa memotivasi yang lain untuk meningkatkan kepedulian sosial, terutama terhadap pengelola panti,” imbuhnya.

Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

 

Related Posts

Add New Playlist