Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 12:31 WIB

Peringati Hari Air Sedunia, Ratusan Masyarakat Hijaukan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi

Peringati Hari Air Sedunia, Ratusan Masyarakat Hijaukan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi

Rabu, 8 Maret 2023
/ Pukul: 20:44 WIB
Rabu, 8 Maret 2023
Pukul 20:44 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.com – Dalam memperingati Hari Air se Dunia 2023, ratusan siswa, masyarakat , LSM, dan sejumlah SKPD di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi menggelar aksi bersih-bersih sampah dan penanaman pohon serta penebaran bibit ikan di Kawasan Wisata Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (8/3/2023).

“Jadi untuk Hari air se Dunia ini, memang kita lakukan setiap tahun. Karena ini merupakan konferensi PBB yang dirayakannya pada tanggal 22 Maret. Tapi, kita lakukan pada 8 Maret. Karena pada 22 itu jatuh pada Ramadan,” kata Kepala UPTD PSDA Wilayah Sungai Cisadea-Cibareno, Andria Hendraningrat kepada awak media

Aksi sosial ini, merupakan bentuk sosialisasi UPTD PSDA Wilayah Sungai Cisadea -Cibareno, kepada masyarakat agar tetap menjaga air dan sanitasi. “Mari kita jaga kebersihan air agar menjadi manfaat buat kita semua,” ujarnya.

Berdasarkan koordinasi UPTD PSDA Wilayah Sungai Cisadea -Cibareno bersama DLH Kota dan Kabupaten Sukabumi, bahwa kondisi irigasi dan sungai yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, dinilai masih dalam tahap aman.

“Kalau bisa air itu tetap dalam keadaan jernih dan dapat dimanfaatkan sebanyak-banyaknya oleh masyarakat, dan ketersediaan air pun tetap banyak, karena saat ini sudah mulai kritis terhadap air bersih,” tuturnya.

“Tantangan yang kita hadapi, bagaimana memberikan kesadaran kepada masyarakat, bahwa pentingnya kita mulai irit terhadap pemakaian air. Mungkin juga bagaimana, kita mendidik dari mulai rumah supaya tidak menbuang sampah ke saluran atau sungai dan air yang kita manfaatkan ini, harus digunakan seefisien mungkin,” sambungnya.

Untuk itu, Pada perayaan Hari Air Sedunia 2023 ini, UPTD PSDA Wilayah Sungai Cisadea – Cibareno, melakukan aksi bersih-bersih sampah, penanaman pohon dan penebaran bibit ikan.

“Kita dengan Kabupaten dan Kota Sukabumi, Alhamdulillah sudah terbentuk Satgas. Kita dukung terus mereka bersama-sama, dalam menjaga air tetap bersih dan air yang dari hulu sampai hilir tetap terjaga keseimbangannya, mulai dari debit dan pemanfaatan bisa dimaksimalkan,” tutupnya.

Reporter: Riza Fauzi | Redaktur: Mulvi Mohammad Noor

 

 

Related Posts

Add New Playlist