Rabu,21 Februari 2024
Pukul: 15:39 WIB

Kaderisasi Nasional PB Himasi, Wabup Sampaikan Civil Society Dalam Paradigma Pembangunan Daerah

Kaderisasi Nasional PB Himasi, Wabup Sampaikan Civil Society Dalam Paradigma Pembangunan Daerah

Sabtu, 11 Februari 2023
/ Pukul: 18:01 WIB
Sabtu, 11 Februari 2023
Pukul 18:01 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Asal Sukabumi (PB Himasi) menggelar kaderisasi nasional 2023 di salah satu resort di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang digelar selama beberapa hari ini, mengambil tema aksiologi Himasi menuju Sukabumi prima.

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri pun ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Iyos menjadi narasumber dan menyampaikan materi terkait penguatan civil society dalam paradigma pembangunan daerah.

Berkaitan materi tersebut, Iyos mengatakan, konsep civil society mengerucut pada pemaknaan kehidupan masyarakat madani yang dipayungi dalam konsensus nasional. Bahkan menurutnya, masyarakat madani menunjuk pada masyarakat ideal yang memiliki peradaban maju.

Baca Juga  Wabup Iyos dan BB TNGGP Bahas Pengelolaan Taman Nasional yang Profesional

“Di dalamnya, sistem sosial yang subur dengan prinsip moral yang menjamin keseimbangan. Khususnya antara kebebasan perseorangan dengan kestabilan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu sangat dibutuhkan pula dalam menopang pembangunan di daerah. Apalagi, mengedepankan nilai-nilai toleransi dan pluralitas.

“Advokasi, sosial kontrol dan empowerment menjadi hal yang diperlukan untuk menopang terciptanya demokrasi yang intensif” ucapnya.

Maka dari itu, Pemkab Sukabumi memerlukan sejumlah hal untuk membangun civil society. Hal itu diawali dengan menciptakan iklim demokratis, peran pentahelix, pembekalan keilmuan, hingga sikap toleransi dan menghargai keterbukaan.

Baca Juga  Wabup Iyos Harapkan Verifikasi Akreditasi RSUD Sagaranten Peroleh Hasil Terbaik

“Empat hal ini sangat diperlukan dalam membangun civil society di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Iyos menyampaikan sejumlah gambaran terkait Kabupaten Sukabumi. Mulai dari potensi wilayah hingga bonus demografi. (*)

Related Posts

Add New Playlist

Contact Person:
+62856-9788-7574 (HP/WA)