Rabu,22 Mei 2024
Pukul: 11:55 WIB

Jalan Amblas di Cibuntu, Dinas PU Segera Bangun Akses Darurat

Jalan Amblas di Cibuntu, Dinas PU Segera Bangun Akses Darurat

Kamis, 28 Maret 2024
/ Pukul: 13:36 WIB
Kamis, 28 Maret 2024
Pukul 13:36 WIB
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

SUKABUMISATU.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi segera membangun jalan darurat di Kampung Cisepan, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Jalan darurat dijadikan alternatif pasca akses jalan utama amblas.

Hal tersebut diungkapkan Camat Simpenan, R Ade Akhsan Bratadiredja. Berdasarkan informasi Dinas PU, lanjut Ade, pembangunan segera dilakukan sebelum mendekati lebaran.

“Akses jalan sudah dapat dilalui melalui jalan alternatif dan alhamdulillah pemilik lahan tanah yang akan digunakan jalan alternatif itu sudah mengizinkannya untuk dibangun karana untuk kepentingan umum,” ujar Ade kepada wartawan, Rabu (27/03/2024).

Ade menambahkan ruas jalan yang amblas menghubungkan Kecamatan Simpenan dan Warungkiara. Keberadaan akses jalan alternatif sangat dilakukan karena ruas jalan itu menjadi salah satu akses utama bagi masyarakat pengguna jalan.

Kepala UPTD Pekerjaan Umum (PU) Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi, menambahkan tim teknis Dinas PU segera mengkaji rencana pembangunan jalan darurat. Ada beberapa hal yang akan diperhitungkan, diantaranya kontur tanah dan teknis konstruksi jalan darurat.

“Ada beberapa kajian terlebih dahulu. Sudah ada laporan dari Pak Kades Mekarsari, bahwa sudah ada pembebasan lahan buat pembukaan jalan baru sementara,” tutur Edi.

Secara teknis, lanjut Edi, Dinas PU Kabupaten Sukabumi akan melakukan pengerasan jalan darurat menggunakan material lapisan pondasi bawah dan atas (LPB/LPA). Jalan darurat bakal dibangun dengan lebar 4 meter dan panjang 50 meter.

“Pengerasan menggunakan LPB kelas C dan LPA beskos. Dinas PU kerjasama dengan BPBD, tinggal menunggu pengesahan bupati dan mudah-mudahan sebelum lebaran atau Idul Fitri sudah terlaksana dan bisa dipakai roda empat menuju 3 Desa yang terisolisir,” tukasnya.

 

Related Posts

Add New Playlist